katup mesin

Kenali Dampak Katup Mesin Mobil Bocor

Kenali Dampak Katup Mesin Mobil Bocor

Perawatan pada mesin mobil perlu dilakukan secara berkala agar mesin dapat bekerja secara optimal. Termasuk katup (valve) mesin yang terletak pada bagian atas mesin dan bekerja naik turun secara bergantian untuk menyalurkan campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar serta membuang gas sisa pembakaran ke knalpot.

Ketika katup mesin mengalami kebocoran, maka hal ini dapat berpengaruh buruk pada mesin dan perlu segera diperbaiki agar mesin kembali bekerja optimal. Namun, pemilik mobil masih banyak yang belum paham apa penyebab kebocoran pada klep mesin mobil. Lalu apa saja penyebab klep mesin bocor?

Katup mesin yang bocor bisa disebabkan umur yang merupakan salah satu hal yang lumrah. Bisa terjadi dudukan katup tidak rata lagi dan membentuk celah. Walaupun celah ini terlihat kecil, tetap perlu segera diratakan lagi dengan cara skir klep untuk menghilangkan celah antara klep dan dudukannya sehingga katup dapat tertutup penuh.

Baca Juga : Mengenal Camshaft Mesin Mobil

Penyebab lain yang menyebabkan katup bocor adalah kerak karbon yang menempel pada payung katup. Kerak karbon yang menempel pada payung katup bisa mengganjal, sehingga muncul celah pada katup mesin. Hal ini dapat mengakibatkan kebocoran. Munculnya kerak karbon ini disebabkan kerusakan pada mesin atau penggunaan bahan bakar yang tidak berkualitas. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan pengecekan dan skir klep.

Nah, dampak dari katup mesin yang bocor antara lain tekanan kompresi mesin menurun, tenaga mesin turun drastis, mesin menjadi lebih susah dinyalakan, busi lebih cepat rusak, oli mesin masuk ke ruang bakar dan munculnya asap putih dari knalpot.

Selain itu, konsumsi bahan bakar pun lebih boros. Hal itu karena bahan bakar bisa terbuang saat terjadi langkah kompresi. Karena tenaga mesin berkurang dan membuat kemampuan akselerasi menurun, umumnya membuat pengguna mobil menginjak pedal gas lebih dalam. Hal itu tentu membuat bahan bakar terkuras lebih banyak dari kondisi normal.



WordPress Video Lightbox Plugin