Jangan Buru-buru Jalan Sebelum Mengatur Bagian Ini

Jangan Buru-buru Jalan Sebelum Mengatur Bagian Ini, Bahaya!

Jangan Buru-buru Jalan Sebelum Mengatur Bagian Ini, Bahaya!

Saat berkendara mobil, visibilitas pengemudi tidak sepenuhnya bisa tampak. Ada bagian tertentu di mobil yang tidak bisa terlihat yang biasa disebut dengan blindspot. Kadang sisi yang tidak terlihat ini bisa menyebabkan terjadi hal yang tidak kita inginkan. Oleh sebab itu pengemudi dibantu oleh alat yang bernama spion.

Tidak sedikit pengemudi yang memandang sebelah mata fungsi dari spion. Padahal, sejatinya posisi spion harus diatur secara ideal. Bahkan, spion adalah salah satu alat yang harus diperhatikan posisinya sebelum pengemudi mengendarai mobil. Nah, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana posisi yang ideal sebuah spion untuk pengemudi. Yuk, kita simak.

Sudah kodratnya manusia yang hanya mampu untuk melihat jelas dalam rentang 180 derajat, itu pun sudah dibantu dengan lirikan. Spion berfungsi untuk membantu melihat area di belakang dan samping mobil.

Pertama, aturlah posisi duduk pengemudi dengan baik.

Pastikan tidak terkendala saat memutar setir mobil. Untuk mengatur spion kanan, lihat pantulan cermin spion lalu lakukan penyesuaian. Posisikan cermin sampai hanya bisa melihat sedikit saja sisi pinggir kanan mobil Anda. Dengan kata lain, pandangan di spion lebih dominan ke luar area mobil. perhatikan pula sisi atas dan bawah cermin, posisikan sampai Anda merasa nyaman melihat kondisi di sisi kanan. Setelah itu, lakukan hal yang sama pada sisi kiri spion mobil Anda.

Hal di atas memang dilakukan bukan sekadar untuk memantau sekeliling mobil, namun lebih kepada menambah pandangan dari jalur sebelah kanan atau kiri kendaraan Anda. Ketika ingin berpindah jalur, Anda bisa melihat lebih jelas situasi jalan.

Seperti yang kita ketahui, spion bukan hanya ada di sisi kanan atau kiri mobil saja. Tetapi juga ada di dalam mobil. Pastikan spion ini dapat melihat secara jelas kondisi jalan dari kaca belakang mobil. Dengan begitu, Anda lebih yakin situasi sekitar kendaraan sudah terpantau dengan baik.

Baca Juga : Apa itu Blind Spot dan Solusinya

Walau Anda sudah memposisikan spion secara ideal, namun memang masih ada sisi yang luput dari pandangan kita. Kami punya sedikit tips untuk membuktikannya. Mintalah orang lain untuk berjalan mengelilingi mobil. Di saat orang tersebut hilang dari pandangan spion mobil, bagian itulah yang disebut blindspot. Waspadalah pada sisi itu, jangan gegabah untuk pindah jalur bila dari sisi tersebut belum terlihat jelas kondisi jalan di belakang.