setang jepit

Ini Cara Memilih Setang Jepit Motor

Ini Cara Memilih Setang Jepit Motor

Setang adalah satu komponen yang berfungsi sebagai pusat kemudi pada motor. Setang memiliki beberapa jenis, mulai dari setang model fatbar atau lebar hingga setang jepit yang sering diaplikasikan pada motor-motor fairing. Setang jepit disukai karena mempunyai kesan racing look jika diaplikasikan pada motor naked.

Namun, di pasar aksesori motor tersedia beragam merek, ukuran maupun desain yang bisa dipilih. Agar tidak salah, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui saat memilih setang jepit motor.

  1. Yang pertama adalah memperhatikan diameter setang jepit. Hindari memilih setang yang terlalu besar dan juga terlalu kecil karena bisa mengurangi kenyamanan berkendara. Sesuaikan juga dengan ciri motor dan ukuran genggaman tangan.
  2. Pilihlah panjang setang jepit yang sesuai kebutuhan agar tetap nyaman digunakan.
  3. Pilihlah bahan yang menggunakan kualitas tinggi. Perhatikan juga finishingnya. Kalau bahan kualitas rendah bisa berakibat fatal, yaitu setang lebih mudah patah.
  4. Saat mengaplikasikan setang jepit, atur kondisi setang ini agar tetap nyaman digunakan.
  5. Atur jarak bukaan setang. Jangan terlalu melebar ataupun terlalu sempit agar tetap mudah melahap tikungan atau bermanuver di kemacetan. Atur juga jarak dari setang ke tangki agar tidak membentur dan merusak tangki serta setang.

 

Baca Juga : Setang Motor Bergetar Lebih Keras, Cek Komponen Ini

Hal lain yang perlu diketahui, saat memasang setang jepit, perlu menurunkan shock breaker depan beberapa sentimeter. Saat sudah diturunkan lebih baik diberi ganjal agar shock breaker tidak mentok. Atur juga jarak bebas dari sepatbor dan plat nomor.

Agar tidak merusak tampilan dari atas pilihlah setang jepit yang sudah diberi penutup segitiga. Jika belum, sebaiknya dibeli secara terpisah. Perhatikan juga kekencangan baut agar setang tidak bergeser saat digunakan.



WordPress Video Lightbox Plugin