spoiler mobil

Fungsi Dan Efek Spoiler Pada Mobil

Ini Fungsi dan Efek Spoiler di Mobil

Modifikasi mobil kerap dilakukan pemilik mobil untuk meningkatkan penampilan maupun performa mobil. Salah satunya memasang spoiler mobil aftermarket. Tapi masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui fungsi spoiler mobil tidak lebih dari sekadar estetika untuk memberikan tampilan sporty.

Faktanya spoiler mobil memiliki beberapa fungsi dan berdampak kepada laju dan pengendalian sebuah kendaraan. Jika ingin memasang spoiler mobil, perlu diketahui beberapa fungsi dasar penggunaan spoiler mobil saat memilih. Sehingga penggunaannya bisa efektif di mobil.

Fungsi utama spoiler mobil sama seperti di pesawat terbang untuk menaikan (lift) atau menurunkannya (downforce). Sedangkan di mobil, hanya dimanfaatkan untuk menciptakan downforce (gaya ke bawah).

Jadi ketika ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi atau menikung cepat, spoiler memanfaatkan aliran angin dari depan yang diarahkan oleh spoiler ke bawah untuk meminimalkan daya angkat (lift). Sehingga ketika mobil menggunakan spoiler, pengemudi merasakan traksi yang lebih baik.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Serat Karbon

Tidak hanya itu, spoiler yang di tempatkan di bagian belakang mobil juga bisa untuk memberi konsumsi bahan bakar lebih irit. Jadi bentuk spoiler ditempatkan di bagian belakang mobil dengan desain yang pipih bertujuan untuk mengurangi turbulensi di buritan mobil.

Lalu bagaimana cara kerja spoiler yang bisa memberikan efek pengendalian kendaraan menjadi semakin baik? Inilah salah satu fungsi side skirt spoiler. Spoiler yang memiliki di bodi samping bawah ini bekerja memanfaatkan angin yang mengalir di samping.

Sehingga spoiler bisa mengoptimalkan downforce dari angin yang mengalir, potensi mobil terasa melayang pun dapat diminimalkan. Biasanya gejala ini sering terjadi di daerah pengunungan yang memiliki banyak tikungan dan kencangnya kecepatan angin. Nah, saat memilih spoiler mobil, selain soal penampilannya, sebaiknya juga memperhitungkan efek yang ditimbulkan. Jadi tidak salah pilih.

 



WordPress Video Lightbox Plugin