Cara Cepat Menata Barang Bawaan Di Mobil

Cara Tepat Menata Barang Bawaan Di Mobil

Membawa banyak barang di mobil dalam rangka touring, liburan maupun usaha, tentu sudah biasa dilakukan. Tapi sering terjadi, karena banyaknya barang bawaan yang disertai penataan barang bawaan di mobil yang kurang rapi, membuat mobil sempit sehingga mengurangi kenyamanan.

Tak hanya soal kenyamanan, risiko pada faktor keselamatan berkendara pun meningkat. Karena bisa jadi barang bawaan menutupi pandangan pengemudi, mudah bergeser atau terpental ketika mobil bermanuver atau melebihi kapasitas angkut dari mobil.

Nah, agar perjalanan tetap nyaman dan aman, barang perlu ditata dengan baik. Beberapa cara menata barang di mobil ini bisa diterapkan.

Prioritaskan barang kebutuhan

Cara tepat menata barang bawaan di mobil yang paling utama adalah memprioritaskan barang kebutuhan. Karena bagasi mobil dan ruang kabin yang tersedia untuk menempatkan barang-barang juga terbatas. Pastikan hanya barang-barang yang dibutuhkan untuk perjalanan saja yang dibawa.

Mengemas dan menatanya dengan tepat

Sebelum dimasukkan ke bagasi mobil, lebih baik barang ditata pada tas, koper atau boks yang simpel, sehingga memudahkan untuk membawa sekaligus menyimpannya di dalam mobil. Dengan begitu akan memudahkan saat proses penempatan di bagasi atau kabin.

Tempatkan koper, tas atau boks yang berukuran lebih besar di posisi bawah, dengan catatan barang-barang yang sering digunakan saat perjalanan harus ditempatkan di bagian atas.

Baca Juga : Memilih Boks Motor Yang Sesuai

Hindari tumpukan barang menutupi kaca belakang

Pada saat menata barang bawaan di mobil harus memperhatikan segala sesuatunya dengan baik, jangan sampai membuat pandangan terhadap keadaan sekitar menjadi terhalang.

Hindari tumpukan barang menutupi kaca belakang, karena hal tersebut sangat membahayakan keselamatan. Pengemudi tidak bisa melihat kondisi di belakang mobil.

Pastikan tumpukan barang tidak mudah bergeser

Perlu diingat, saat menata barang bawaan di mobil, koper, tas atau boks yang ditumpuk, jangan sampai mudah bergeser atau berpindah tempat.

Hal ini untuk mencegah barang bawaan berhamburan saat pengemudi melakukan manuver atau pengereman secara mendadak. Bila perlu, gunakan jaring atau cargo net untuk mengikat tumpukan barang.

Gunakan roof rack

Alternatif lain untuk membawa barang adalah dengan menggunakan roof rack di atas atap mobil. Tapi yang harus diperhatikan penempatan barang juga harus memperhatikan aspek aerodinamika. Serta ada bobot maksimal yang perlu diperhatikan.



WordPress Video Lightbox Plugin