peta digital

Cara Aman Pakai Peta Digital Saat Mengemudi

Cara Aman Pakai Peta Digital Saat Mengemudi

Saat ini mengemudi menjadi lebih mudah karena dibantu dengan peta digital.  Terlebih ketika harus menuju ke lokasi atau kawasan yang belum diketahui. Atau hanya ingin menghindari kemacetan. Lalu bagaimana cara aman dan efektif menggunakan peta digital saat berkendara?

Yang pertama kali harus dilakukan adalah mempelajari terlebih dahulu daerah yang akan dilalui melalui peta digital maupun pengaturan rute sebelum memulai perjalanan. Semisal jarak dan waktu tempuh, memahami area atau bentuk jalan menuju lokasi, atau mencari rute yang lebih mudah dipahami. Seperti memilih menggunakan jalan besar saja.

Selain itu, pengemudi juga dapat menentukan pilihan rute yang tercepat atau terdekat ke lokasi tujuan sesuai kebutuhan. Sehingga bisa terhindar jika ada kemacetan di salah satu lokasi jalan menuju lokasi. Dengan begitu, sebagai pengemudi sudah memiliki bayangan terlebih dahulu rute mana yang ingin dilewati. Peluang untuk “tersesat” oleh petunjuk peta digital menjadi lebih minimal.

Bicara keamanan dalam mengemudi, penting untuk tidak mengalihkan pandangan menuju peta digital. Terlebih jika masih mempelajari rute yang dilewati, membaca arahan peta digital atau mengubah rute sambil mengemudi. Potensi kehilangan kewaspadaan pada lingkungan menjadi sangat tinggi dan berisiko kecelakaan.

Baca Juga : Fitur – Fitur pada Head Unit yang Terintegrasi dengan Smartphone

Di beberapa mobil saat ini, sudah menyediakan head unit yang memiliki aplikasi peta digital. Dengan layar lebih besar, tentu lebih nyaman dalam membaca peta atau rute. Tapi menggunakan smartphone sebagai media peta digital juga tak terlalu berbeda. Bila sesekali ingin memantau peta digital, sebagai gunakan phone holder untuk menempatkan smartphone di area yang tak menghalangi pandangan ke depan sekaligus tak menyulitkan untuk dipantau.

Terpenting adalah selalu menggunakan panduan suara sebagai penunjuk jalan. Dengan begitu, pandangan pengemudi tidak teralihkan dan tangan tetap fokus mengendalikan setir tanpa harus memegang smartphone. Jika melakukan kesalahan dalam pemilihan rute, tidak perlu panik. Cukup berhenti di tempat yang aman dan mengikuti atau mengulang kembali petunjuk dari peta digital.



WordPress Video Lightbox Plugin