Ban Pacul

Ban Pacul Aman Melibas Aspal Saat Musim Hujan

Amankah Pakai Ban Pacul Saat Musim Hujan?

Pemilihan ban motor menjadi faktor penting untuk berkendara dalam berbagai kondisi jalan. Baik saat kondisi kering maupun basah. Lalu bagaimana dengan motor trail atau motor yang menggunakan ban pacul atau dual purpose? Benarkah ban model seperti itu memiliki risiko tergelincir tinggi ketika digunakan di aspal yang basah?

Mayoritas pabrikan motor telah mengunakan ban yang memang bisa digunakan saat kering maupun basah untuk produk mainstream. Tapi pada produk tertentu, sebut saja motor trail atau adventure, tentu dilengkapi dengan ban dengan desain blok yang lebih besar.

Kebutuhan desain tapak ban untuk kondisi jalan basah terletak pada kemampuan motif tapak (pattern) untuk mengalirkan air. Semakin cepat air yang terlindas dilepaskan ke sisi samping, tentu semakin baik. Hal itu membuat handling motor tetap terjaga, baik saat lurus atau belok.

Nah, ban pacul atau dual purpose dengan blok besar dan memiliki celah yang lebar dan dalam seperti ini biasanya malah tidak licin. Hal itu karena daya alir air biasanya lebih banyak dari ban harian biasa. Sehingga dapat menangani genangan air lebih baik, meski jumlah permukaan ban yang menempel ke aspal lebih sedikit.

Baca Juga : Motor Matic Terjang Banjir, Segera Periksa Bagian Ini

Tak hanya air, sesuai peruntukkannya, ban pacul ini pun mampu membuang lumpur, tanah atau kerikil saat di jalan offroad. Sehingga ban pacul atau dual purpose tetap bisa digunakan saat musim hujan. Tapi saat dipakai di jalan aspal menjadi kurang nyaman.  Jadi bukan masalah jika ban pacul sudah terpasang di motor. Tapi jika ingin memilih ban pacul sebaiknya gunakan jenis soft compound seperti untuk kompetisi.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah tekanan ban. Walau kemampuan ban pacul dalam membuang air lebih baik, tapi jika tekanan ban kurang tentu bisa membuat motor tergelincir.  Kebanyakan pengguna motor menggunakan ban trail untuk harian dengan tekanan ban sedikit lebih rendah dari normal. Hal itu agar lebih nyaman di jalan aspal.



WordPress Video Lightbox Plugin