Apa yang Terjadi Jika Mesin Kendaraan Anda Bau Gosong - oli mobil

Apa yang Terjadi Jika Mesin Kendaraan Anda Bau Gosong?

Sebagai pengendara yang rutin bepergian setiap harinya, pasti Anda bisa mengetahui jika ada hal yang berbeda dari kendaraan Anda. Salah satunya adalah jika kendaraan Anda mengeluarkan asap atau bahkan bau gosong. Kira-kira apa yang harus Anda lakukan jika hal ini terjadi?

Ketika Anda sedang dalam perjalanan lalu tiba-tiba tercium bau gosong maupun terbakar, segera hentikan kendaraan Anda. Bisa saja salah satu bagian mesin Anda terbakar, dan tentu hal tersebut amat berbahaya, terutama jika area yang terbakar tersebut dekat dengan tangki bensin.

Oleh karena itu, Jika Anda mencium bau terbakar, hal-hal berikut bisa saja menjadi penyebabnya:

  • Rem kendaraan terbakar

Bau terbakar yang terjadi pada mesin bisa disebabkan oleh rem. Hal tersebut dapat terjadi bila Anda terlalu sering menginjak pedal rem, atau bahkan menginjak pedal rem terlalu dalam. Misalnya ketika Anda sedang berkendara di jalan menurun, Anda perlu menginjak pedal rem berulang kali. Maka lama kelamaan rem bisa mengeluarkan asap atau bahkan terbakar.

Ketika rem Anda sering mengeluarkan bau seperti hangus atau gosong, itu berarti piston rem kendaraan Anda perlu diperiksa. Penyebab lain dari bau gosong pada rem adalah ketika Anda lupa menurunkan rem tangan ketika sudah menginjak pedal gas.

Baca Juga: Knalpot Kendaraan Anda Mengeluarkan Asap Hitam, Apa Artinya?

  • Kopling hangus

Salah satu penyebab lain dari bau hangus atau gosong yang ada pada kendaraan Anda adalah kopling yang terbakar atau bahkan hangus. Kopling terbakar maupun hangus biasa terjadi saat sedang mengganti gigi dan tercium bau yang menyerupai bau kertas terbakar. Bau tersebut muncul ketika kepala kopling kendaraan Anda terbakar saat kopling sedang selip. Kondisi ini bisa saja terjadi karena memang bagian permukaan kopling kendaraan Anda terbuat dari bahan yang menyerupai kertas. Namun hal ini bisa dicegah dengan menggunakan kopling secara tepat, dan tidak sering menekan kopling setengah-setengah.

  • Bau terbakar dari heater mobil

Jika Anda sedang bepergian ke tempat dingin lalu setelah menyalakan heater tercium bau terbakar, hal ini bisa saja terjadi karena heater jarang digunakan sehingga banyak debu pada sistem heater tersebut. Namun jika Anda sering menggunakan heater tetapi tetap tercium bau terbakar, kemungkinannya adalah terdapat benda seperti plastik yang menyangkut pada ventilasi atau pusat heater mobil Anda yang meleleh. Jika bau terbakar semakin parah, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke mekanik atau bengkel terdekat untuk mencegah kerusakan yang lebih fatal.

  • Korsleting pada sirkuit

Penyebab umum lainnya adalah korsleting pada sirkuit mesin. Plastik di sekitar kawat, sekring dan penyambung akan meleleh dan menciptakan bau terbakar maupun gosong. Hal ini perlu Anda perhatikan karena cukup berbahaya bagi mesin kendaraan. Jika Anda tidak membetulkan sistem pelistrikan pada kendaraan Anda, bukan mustahil mesin akan mati total. Sangat disarankan untuk Anda meminta bantuan kepada ahli di bengkel untuk segera membetulkan sistem pelistrikan pada kendaraan Anda.

  • Oli terbakar

Yang terakhir adalah oli yang terbakar karena oli bocor dan tumpah ke knalpot yang panas. Biasanya terjadi jika Anda sedang membawa kendaraan Anda pada tanjakan dimana knalpot sedang dalam suhu tertinggi. Jika Anda menggunakan mobil, baunya mungkin baru akan tercium setelah Anda keluar dari mobil.

Solusi yang tepat untuk Anda yang tidak ingin hal-hal diatas terjadi  adalah membawa kendaraan Anda ke bengkel secara rutin untuk melakukan perawatan berkala. sehingga kendaraan tetap dalam kondisi prima untuk digunakan.

Baca Juga: Terapkan 4 Cara Untuk Menjaga Kendaraan Anda Tetap Awet



WordPress Video Lightbox Plugin