APA FUNGSI ENGINE FLUSH SAAT GANTI OLI

Apa Fungsi Engine Flush Saat Ganti Oli?

Pada saat mengganti oli mobil, terkadang masih banyak sisa-sisa endapan dan kerak-kerak oli yang menempel pada bagian mesin. Jika dibiarkan begitu saja, sisa-sisa kotoran tersebut akan mempengaruhi kinerja dan performa mesin kendaraan Anda. Maka dari itu dibutuhkan yang namanya pengurasan oli dengan menggunakan engine flush. Untuk Anda yang belum tahu, engine flush merupakan cairan yang memiliki formula khusus untuk membersihkan dan merontokkan kerak dan endapan oli tersebut.

Tidak hanya untuk membersihkan endapan serta kerak dalam mesin kendaraan, engine flush juga memiliki beberapa manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Menjaga suara mesin tetap halus
  • Membuat oli mesin bekerja lebih maksimal
  • Membuat daya tahan mesin lebih awet
  • Menjaga mesin agar tidak berkerak
  • Memperlancar kerja mobil

Cara penggunaan engine flush juga terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Ketika Anda ingin mengganti oli mesin, masukkan terlebih dahulu cairan engine flush ke dalam lubang pengisian oli. Lalu nyalakan mesin selama 5 menit agar cairan engine flush dapat bekerja dengan maksimal bersamaan dengan oli. Pada saat inilah cairan engine flush akan merontokkan dan membersihkan kotoran yang menempel pada bagian mesin mobil. Setelah 5 menit, Anda dapat menguras oli lama dan menggantinya dengan oli yang baru.

Meskipun engine flush memiliki beragam manfaat untuk mesin kendaraan, tetapi penggunaan engine flush tidak harus mengikuti waktu penggantian oli mesin, karena memang pada dasarnya engine flush berfungsi hanya untuk membersihkan. Justru sangat disarankan agar penggunaan engine flush tidak dilakukan terlalu sering atau setiap servis berkala per 10.000 km hingga 20.000 km.

Namun Anda harus tetap melihat kondisi kendaraan terlebih dahulu, apakah memerlukan engine flush atau tidak. Selama proses pembuangan oli masih berjalan dengan normal, artinya Anda tidak perlu melakukan engine flush. Sedangkan jika oli mulai menunjukkan pengentalan dan tidak lancar, maka engine flush diperlukan pada saat penggantian oli untuk mengangkat kotoran di dalam mesin.

Selain dengan membersihkan mesin, Anda juga harus tetap rutin melakukan penggantian oli yang tepat waktu sesuai dengan anjuran dan tentunya melakukan servis secara berkala.

Baca juga : Apa yang terjadi jika anda telat ganti oli?