Cari Kami
gir set

Alasan Ganti Set Harus Sepaket

Perlukah Gir Dan Rantai Motor Diganti Bersamaan ?

Gir dan rantai sepeda motor memang memiliki masa penggunaan mengikuti jarak tempuh sepeda motor. Bila umur pakai sudah cukup lama, biasanya rantai cepat kendur karena sudah tidak presisi lagi dengan mata girnya.

Hal ini berpengaruh pada penurunan performa motor. Namun kenyataan di lapangan, beberapa pengendara motor menyiasatinya dengan memotong atau mengurangi mata rantainya.

Tetapi hal itu bukanlah solusi terbaik dan tidak direkomendasikan. Karena antara gir dan rantai saling mempengaruhi. Rantai yang terlalu kendur atau terlalu kencang bisa mengurangi usia gir dan rantainya.

Jika rantai sudah tidak presisi lagi dengan lingkar gir (sprocket), sebaiknya langsung diganti. Tidak dipotong atau dikurangi jumlah mata rantainya.

Begitu juga dengan gir (sprocket). Bila kondisinya sudah lancip, juga dapat mengurangi usia rantai. Rantai berpotensi menjadi rapuh sehingga berisiko putus. Solusi terbaiknya adalah mengganti gir dan rantai secara bersamaan atau satu set.

Mengapa demikian? Karena mengganti salah satu komponen saja tidak mengubah performa motor kembali optimal. Selain itu, usia pakai antar komponen juga tidak bisa habis berbarengan.

Baca Juga : Cara Baca Kode Gir Dan Rantai Motor

Gir dan rantai yang sudah aus atau sudah terkikis,  tentu membuat akselerasi motor menurun. Jika diganti hanya salah satu saja, komponen baru dengan komponen lama jusru saling menyesuaikan dulu untuk bisa kembali bekerja berbarengan, dari pada menyalurkan tenaga.

Sehingga tenaga motor terserap terlebih dahulu beberapa persen untuk kedua komponen ini, baru diteruskan ke roda belakang. Jadi ada rugi-rugi disitu dan situasi ini menyebabkan tenaga mesin tidak optimal tersalurkan.

Jika hanya mengganti salah satu komponen yang rusak atau aus, dikhawatirkan dapat membuat komponen baru lebih cepat rusak. Ujung-ujungnya justru malah jadi pemborosan biaya. Tidak lama berselang bisa beli komponen baru lagi disebabkan keausan komponen tidak wajar akibat tidak bersamaan mengganti gir dan rantai.

Untuk itu, sebaiknya lakukan penggantian komponen gir dan rantai bersamaan agar usia gir dan rantai bertahan lebih lama dan aus berbarengan. Selain itu agar performa motor juga tetap optimal dan lebih aman dikendarai.



WordPress Video Lightbox Plugin