Cari Kami

Tren Aliran Modifikasi Motor

Bagi Anda pecinta motor yang benar-benar ingin tampil beda dan terlihat keren, biasanya mereka akan melakukan modifikasi pada motornya. Dengan tampilan yang berbeda dari modifikasi yang ada maka memang akan membuat mereka tampil lebih percaya diri dengan motornya. Modifikasi motor sendiri sudah muncul sejak lama. Tahun demi tahun menghadirkan jenis-jenis motor yang berbeda berdasarkan fashion masing-masing. Nah berikut ini beberapa jenis aliran motor yang pernah muncul dan diterapkan oleh para pecinta modifikasi motor sampai saat ini. Jadi bagi Anda yang berniat mengikuti tren aliran modifikasi motor yang ada, silahkan simak artikel pada bahasan kali ini.

    1. Chopper



Aliran ini mempunyai ciri khas dengan kaki-kaki depan yang panjang. Sehingga, rangka dari motor ini harus didesain secara khusus alias custom yang harus disesuaikan dengan kemiringan serta panjang dari fork atau garpunya. Diameter ban depan cenderung lebih besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi dan jok rendah. Sehingga Chopper sendiri sangat cocok untuk berkendara santai.

 

    1. Cafe Racer


Cafe racer adalah aliran motor dengan konsep bergaya motor balap zaman dulu. Ciri khas yang paling menonjol dari aliran ini adalah stang jepit yang otomatis membuat posisi badan lebih menunduk ketika berkendara layaknya motor balap. Ciri lainnya adalah jok yang rendah, dengan bentuk bagian belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas seperti ekor tawon. Desain jok dan lampu depan biasanya juga khas. Sangat retro.

Sekilas, cafe racer memiliki bentuk yang mirip dengan aliran Scramble, yang membedakan adalah bentuk stang dan jenis ban yang digunakan. Motor cafe racer menggunakan setang underyoke atau di bawah segitiga (fork) yang membuat pengemudinya agak sedikut menunduk ketika berkendara seperti menggunakan motor balap. Sedangkan scramble menggunakan setang model biasa seperti motor sport pada umumnya. Untuk urusan ban, cafe racer tidak harus menggunakan ban dual purpose seperti aliran Scramble, cukup menggunakan ban klasik atau ban sport.

    1. Bobber


Aliran modifikasi Bobber punya ciri atau identik dengan roda depan maupun belakang yang bisa dibilang cenderung lebih besar dan kekar. Motor dengan aliran Bobber seperti ini pada umumnya masih nyaman untuk digunakan untuk harian atau sekedar santai berkeliling-keliling kota.

Bobber merupakan aliran modifikasi motor pertama. Modifikasi yang satu ini mirip dengan modifikasi chopper yang memotong beberapa bagian. Bedanya pada modifikasi bobber sasis atau rangka bodi motor dipertahankan standar. Karakter lain dari aliran modifikasi bobber adalah adanya ban depan atau ban belakang yang terlihat gendut.

    1. Jap Style


Pada aliran modifikasi ini bisa terlihat dari adanya tangki bensin yang diubah dengan ukuran yang kecil. Selain itu modifikasi ini juga memperlihatkan rangka belakang yang dipangkas habis. Pada bagian jok atau alas duduk juga disetting lebih tipis dengan stang semi hanger dan lampu bagian depan atau belakang yang mungil. Jarak antara ban depan dan belakang pada modifikasi ini sendiri dibuat jadi lebih panjang dari rangka. Sementara itu ban yang digunakan adalah yang gendut dan lebar.

    1. Scrambler


Ketika kamu melihat motor dengan ban bermotif kotak atau trail, itulah motor custom Scrambler. Dengan ban trail ini, motor custom Scramble sangat cocok untuk semi off road dan mendaki pegunungan. Selain itu, ciri lain dari motor ini adalah knalpot yang biasanya berada di samping motor.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aliran ini memiliki tampilan yang mirip dengan motor bergaya café racer namun dengan stang normal layaknya motor sport biasa. Karena scramble adalah motor yang bisa dipakai on-road dan off-road, motor ini harus menggunakan ban dual-purpose agar pakem lebih maksimal.

    1. Flat Tracker


Aliran modifikasi motor custom Flat Tracker punya tampilan berciri khas tangki kecil dan buntut yang meruncing. Motor model adalah salah satu motor dengan aliran retro, dengan tongkrongan yang tinggi dan disebut-sebut sebagai motor yang cekatan dan serba bisa. Hal ini karena flat tracker sebenarnya adalah julukan untuk motor di arena balap di Amerika yang menggabungkan antara track tanah dan sirkuit datar. Makanya, karakternya terlihat jelas pada bagian stang yang lebar dan grip ban kotak.

    1. Supermoto


Aliran ini harus merubah total penampilan motornya terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot undertail, ditambah oprekan mesin buat meningkatkan torsi.

Mirip dengan motor trail, modif Supermoto memiliki jenis ban yang berbeda, umumnya menggunakan ban khusus aspal atau yg memiliki profil kembang tahu. Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak lebar.

    1. Streetfighter


Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.

Ciri ubahan streetfighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang jalan, stang kemudi model flat.

    1. Hot Rod


Bagi para muscle car mania, nampaknya cocok banget sama modifikasi motor custom yang satu ini. Sebenarnya aliran Hot Rod tidak ada ciri khas tampilan tertentu. Hanya saja, biasanya motor ini di-custom dengan menggunakan mesin mobil yang sudah tidak layak jalan.

Tetapi, dengan adanya sentuhan para mekanik yang lihai, mesin mobil tersebut dapat ditanam di sasis motor Hot Rod ini. Di dalam komunitas biker, tampilan cat sangar (mostly hitam doff plus pernik merah atau putih) biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran Hot Rod.

Nah bagaimana, apakah Anda sudah menemukan jenis aliran modifikasi motor yang sesuai dengan fashion Anda? Jika sudah carilah bengkel motor yang sudah teruji untuk memodifikasi motor Anda. Tapi Anda pun tetap harus mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara ya.



WordPress Video Lightbox Plugin