Cari Kami

Tips Menghindari Pencurian Motor

Akhir-akhir ini pencurian motor yang terjadi semakin merebak. Baik yang terjadi di rumah, tempat umum bahkan saat berada di tempat-tempat wisata dan perbelanjaan. Para pelaku semakin canggih dan terampil untuk membawa lari motor para korbannya. Untuk itu ada tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pencurian motor yang semakin merajalela.

Dalam melakukan aksinya, seorang pencuri akan memilih sasaran yang paling mudah. Dimana mereka akan melakukan pencurian dengan cara cepat dan tepat. Agar sepeda motor Anda tidak jadi sasaran mereka, maka buatlah para pencuri itu kesulitan ketika akan mencuri kendaraan Anda. Sehingga mereka akan mengurungkan niatnya mencuri motor Anda karena terlalu repot dan beresiko tinggi bagi mereka jika harus berlama – lama mencuri kendaraan milik Anda.

Tips yang bisa Anda lakukan antara lain yaitu :

  1. Gunakan Kunci atau Pengaman Tambahan
    Pengaman tambahan ini dapat berupa gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang apabila motor Anda berjenis bukan matic. Namun jangan lupa pastikan ketika Anda akan berkendara kembali untuk melepas pengaman tersebut. 
  2. Kunci Stang Motor Anda
    Mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya banyak ulah pencuri memanfaatkan kelalaian Anda itu untuk mempermudah aksinya dalam mencuri motor Anda. Dengan Anda mengunci  stang motor artinya pencuri harus mengeluarkan waktu lebih banyak untuk bisa menyelesaikan aksinya. 
  3. Memasang Alarm
    Saat ini sudah banyak beredar alarm untuk pengamanan sepeda motor. Cara kerja alat ini sama seperti dengan alarm yang tersedia pada mobil. Jika motor dinyalakan atau kunci stang motor Anda dirusak maka alarm secara otomatis akan berbunyi dengan nyaring. Namun pilihlah alarm yang tahan air karena beberapa alarm masih rentan rusak saat terjadi hujan. 
  4. Gunakan secure key sistem
    Hampir semua motor saat ini sudah dilengkapi SKS (Secure Key System), ketika Anda sudah mengunci stang, ada baiknya tutup lubang anak kunci guna meminimalisir penggunaan kunci paksa yang dilakukan para pencuri. 
  5. Menggunakan standart samping
    Fitur ini biasanya terdapat pada motor matik saat ini, dimana jika standart samping diturunkan (system On) secara otomatis mesin motor tidak bisa hidup. Dan jika standart samping dinaikan (system Off) maka mesin motor pun akan menyala jika tombol starter dipencet. Walau pencuri motor saat ini sudah semakin canggih, namun dengan menurunkan standart samping setidaknya akan membuat si pencuri kerepotan dalam melakukan aksinya. 
  6. Gunakan Stiker Pengenal
    Ini sebenarnya sepele tapi sebenarnya juga berguna, misalnya jika motor Anda kemalingan setidaknya bisa mennjadi pengenal saat pencarian, lalu dengan menempel stiker akan membuat maling berpikir untuk mencuri motor tersebut. Usahakan tempel stiker ditempat strategis seperti dibatok lampu, spakbor belakang atau jika dimotor matik bisa ditempel didashbord dekat anak kunci. 
  7. Parkir di Tempat Resmi
    Jika Anda memarkirkan motor ditempat resmi pasti lebih aman terkendali, karena selain tempatnya dijaga petugas pada saat Anda masuk juga ada karcis dan jika keluar maka diminta menunjukan STNK (Surat Tanda Nama Kendaraan). Hal ini menjadikan keamanan lebih terjamin. 
  8. Parkir di Dekat CCTV
    Lebih baik Anda memarkir kendaraan dekat dengan jangkauan kamera pengintai (CCTV). Logikanya pencuri akan takut jika mencuri ditempat yang dijangkau oleh kamera CCTV lantaran aksinya akan langsung terekam.

 

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya pencurian sepeda motor yang semakin marak terjadi. Semoga informasi dapat membantu Anda lebih waspada lagi dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi.



WordPress Video Lightbox Plugin