Strategi Pembilasan Oli Industri untuk Kompresor

Strategi Pembilasan Oli Industri untuk Kompresor

Strategi Pembilasan Oli Industri untuk Kompresor

“Bagaimana Anda melakukan pembilasan oli industri untuk kompresor udara jenis rotary screw?”

Tujuan pembilasan oli industri adalah untuk membersihkan sistem yang bersentuhan dengan pelumas. Ada banyak alasan untuk melakukan pembilasan oli industri, tetapi apakah itu melibatkan mesin, wadah penyimpanan, saluran pelumas, selang, atau sistem pengondisian pelumas, pembilasan dirancang untuk menghilangkan atau mengendalikan kontaminasi yang dapat memengaruhi kinerja pelumas atau mesin secara negatif.

Strategi pembilasan yang Anda pilih harus didasarkan pada kontaminan spesifik yang akan dihilangkan. Pembilasan juga harus dilakukan bersamaan dengan kegiatan perawatan lainnya, seperti perbaikan mesin atau penggantian oli industri, untuk mengembalikan kondisi mesin dan pelumas ke kondisi yang dapat diandalkan.

Untuk langkah-langkah strateginya adalah:

1. Menentukan akar penyebab dan jenis kontaminan

Beberapa pertanyaan harus ditanyakan untuk menentukan akar penyebab kontaminasi. Apakah ada kerusakan mesin yang parah? Jika demikian, mungkin perlu membongkar sistem dan membuang bongkahan logam yang mungkin terperangkap dalam sistem pelumasan. Apakah sedimen dan kelembapan mengendap di dalam mesin karena waktu standby yang lama? Jika demikian, pengurasan oli industri dan aliran oli turbulen dengan oli industri baru seharusnya cukup untuk menghilangkan kontaminan.

Apakah pernis terjadi di screw kompresor? Tanyakan kepada pabrikan mesin serta produsen oli industri tentang penggunaan deterjen. Saat pernis lunak atau lengket, aditif deterjen bisa menjadi pilihan yang baik. Beberapa produsen pelumas menawarkan jenis aditif ini. Namun, jika pernis telah disimpan dalam jangka waktu yang lama dan telah menjadi senyawa seperti enamel, tidak ada bahan kimia atau pelarut yang mungkin dapat menghilangkannya.

2. Menentukan konsentrasi dan lokasi kontaminan

Jika konsentrasi kontaminan tinggi atau berisiko untuk aplikasi, pertama-tama buka mesin dan bersihkan secara manual. Setelah mesin dipasang kembali, lakukan pembilasan oli industri. Jika Anda memilih pembilasan oli industri berkecepatan tinggi (aliran turbulen), isolasi semua komponen sensitif dan pastikan area yang terpengaruh memiliki aliran yang diperlukan untuk menghilangkan kontaminan.