Cari Kami

Spesifikasi Motor Enduro

Mungkin sebagian Anda sering mendengar motorcross ataupun enduro. Ternyata banyak yang keliru membedakan istilah motor enduro itu seperti apa. Pada kesempatan ini, Kita akan membahas seputar spesifikasi motor enduro. Untuk itu silahkan Anda menyimak pembahasan berikut ini.

Jika motorcross adalah motor yang khusus untuk off road di dalam sirkuit, balapan menggunakan enduro dilakukan di arena terbuka dengan rintangan alam yang masih alamiah. Misalnya untuk melintasi jalan yang berlumpur dan berbatu, melompati gundukan tanah atau batang pohon, menghindari ranting pohon yang rendah, melewati sungai, naik dan turun bukit, dan rintangan yang lain dalam trek balapan yang cukup panjang.

Spesifikasi ban untuk motor enduro hampir sama dengan motorcross, tetapi lebih besar dengan pacul-pacul yang lebih jarang ketimbang motor trail. Motor enduro biasanya dilengkapi dengan lampu depan untuk melintasi trek malam hari dan juga memiliki tangki bahan bakar yang lebih besar karena treknya lebih jauh ketimbang sirkuit motorcross.
Enduro sendiri merupakan uji ketahanan, baik untuk rider maupun motor itu sendiri dengan melewati berbagai rintangan. Misalnya di dalam hutan, rider harus melewati rintangan berupa ranting pohon yang rendah, batang pohon tumbang, jalanan berbatu, melewati sungai, naik turun bukit, jalanan berupa kerikil, pasir, bahkan lumpur. Secara fisik memang tidak ada perbedaan signifikan antara motor enduro dan motor dual sport atau motocross. Tapi kalau lebih teliti tetap ada perbedaannya.

Dari segi kelengkapan, motor enduro hanya dilengkapi dengan lampu utama sama, tanpa kelengkapan lainnya seperti lampu sein, lampu belakang, dan kaca spion. Transmisi motor enduro umumnya menggunakan 6 percepatan. Selain itu, ban yang digunakan adalah ban khusus enduro dengan kotak-kotak yang besar-besar dan jarang.
Sudah bisa dipastikan bahwa motor enduro tidak nyaman digunakan di jalan raya karena profil bannya yang seperti itu. Apalagi motor khusus enduro juga tidak legal digunakan di jalan raya karena minus kelengkapan motor dan motor ini biasanya dijual dalam bentuk off the road. Contoh motor enduro antara lain Yamaha WR250F, Honda CRF250X, KTM 250 EXC-F, dan Husqvarna TE 250.

Bagaimana, sudah tahukah Anda spesifikasi motor enduro? Kalau sudah sebaiknya pilihlah motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan Anda tentang otomotif.



WordPress Video Lightbox Plugin