Cari Kami

Serba – Serbi CVT

Serba – Serbi CVT

Pernahkah Anda mendengar tentang CVT ? CVT sendiri adalah Singkatan dari Continous Variable Transmission yang merupakan sistem transmisi tanpa gigi perseneling layaknya mobil dengan transmisi manual (M/T) atau mobil transmisi matic (A/T) konvensional. Salah satu kelebihan CVT, transmisi tersebut menghadirkan kenyamanan yang lebih, karena pengendara tidak akan merasakan entakkan dari perpindahan gigi yang biasa dialami oleh transmisi otomatis konvensional.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya transmisi CVT mengandalkan dua pulley untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, yaitu pulley penggerak dan pulley yang digerakkan. langsung terhubung dengan belt (sabuk yang terbuat dari serat baja).

Cara kerja dari CVT atau Continuous Variable Transmision ini mengandalkan gaya sentrifugal pada pulley depan. Sedangkan pada pulley belakang mengandalkan gaya pegas. Jika dilihat secara seksama maka pulley tersebut terdiri dari dua buah pulley (satu pulley tetap dan satu pulley bergerak) yang saling mengerucut.

Pada pulley depan (yang berhubungan dengan putaran mesin) terdapat beberapa roller yang berfungsi sebagai pemberat. Ketika putaran rendah maka pulley depan akan memiliki ukuran besar dan pulley belakang mengecil. Namun ketika putaran tinggi, maka pada pulley depan terdapat gaya sentrifugal sehingga pulley bergerak akan menjauhi pulley tetap yang mengakibatkan lingkarannya mengecil. Sedangkan pada pulley belakang akan membesar akibat gaya pegas.

Besar kecilnya pulley tersebut tidak bisa ditentukan tergantung dari putaran mesin itu sendiri. Jadi CVT memiliki tingkat kecepatan yang tak terbatas. Pengoperasianya pun jauh lebih halus. Meski demikian, sehubungan dengan masalah akselerasi, transmini manual tentu lebih unggul. Demikianlah cara kerja dari CVT yang diterapkan pada motor atau mobil matik Anda.

Kelebihan Transmisi Jenis CVT

  1. Transmisi mobil model CVT ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh transmisi lain dalam hal perpindahan gigi. Model CVT ini sangat halus sekali dan tidak terasa efek mengentak atau perpindahan gigi layaknya transmisi manual atau pun matik model lawas.
  2. Penggunaannya sangat mudah. Anda cukup memainkan pedal gas dan kopling saja tanpa harus repot mengubah gigi perseneling.
  3. Efisiensi penggunaan bahan bakar akan lebih meningkat, mengingat RPM mobil dengan transmisi CVT jauh lebih stabil bila dibandingkan dengan yang non CVT. Berbeda dengan mobil manual atau matik lawas yang ketika memindahkan gigi, RPM akan menurun drastis sehingga kita perlu menginjak gas lebih dalam lagi. Karena hal ini jugalah kenapa pada mobil hybrid banyak yang mengaplikasikan model transmisi yang satu ini guna membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat.
  4. Engine brake dari transmisi mampu bekerja dengan sangat baik, dengan begitu Anda tidak perlu terlalu sering menginjak pedal rem sehingga komponen rem tidak mudah overheat dan rusak.

 

Kekurangan Transmisi Mobil Jenis CVT

  1. Transmisi model ini memiliki kekurangan yang paling menonjol yakni tingkat akselerasi tidak sebaik dan sebagus mobil transmisi manual. Sangat jelas bahwa mobil dengan teknologi ini hanya dikhususkan untuk pengendara yang berkendara eco driving dan tidak ugal-ugalan dalam menggunakannya.
  2. Mobil dengan transmisi CVT bila mengalami kerusakan, maka biaya perbaikannya juga akan jauh lebih mahal dibandingkan mobil bertransmisi matik maupun konvensional karena teknologinya tentu jauh lebih rumit.

 

Setelah mengetahui hal-hal diatas, semoga Anda lebih memahami lagi apa itu tranmisi CVT sehingga Anda dapat memilih mobil jenis transmisi apa yang akan Anda gunakan nantinya.



WordPress Video Lightbox Plugin