Penyebab Cairan Hidrolik Gelap

Penyebab Cairan Hidrolik Gelap

Penyebab Cairan Hidrolik Gelap

“Setelah mengambil sampel oli industri dari salah satu sistem hidrolik, pemilik melihat bahwa oli industri hidrolik menjadi lebih gelap. Pemilik khawatir dan membawa sampel ke lab untuk dianalisis. Hasil analisis oli industri tampak normal. Angka TAN, viskositas dan oksidasi oleh FTIR semuanya tetap stabil. Pemeriksaan cepat pada sistem hidrolik mengungkapkan bahwa katup hidrolik telah berubah warna menjadi keemasan. Apa yang harus pemilik lakukan?”

Fakta bahwa nilai TAN, viskositas dan oksidasi tidak berubah menunjukkan bahwa oksidasi tidak terjadi dalam oli industri hidrolik. Namun, residu emas pada katup adalah tanda yang jelas bahwa pernis mengendap pada oli industri. Karena pernis terdiri dari produk sampingan degradasi pelumas, Anda harus menentukan sumber kerusakan pelumas jika bukan oksidasi. Kemungkinan besar itu adalah degradasi termal, yang terjadi tanpa adanya oksigen. Jika tidak disentuh, pernis ini akan memengaruhi kemampuan katup untuk berfungsi dengan baik.

Penyebab degradasi termal adalah panas. Dua dari sumber suhu ekstrim yang paling umum dalam sistem hidrolik adalah titik panas yang disebabkan dari sumber panas eksternal di dekat sistem pelumasan dan ledakan gelembung yang terperangkap saat gelembung mengalir dari reservoir ke zona bertekanan lebih tinggi seperti pompa atau katup.

Untuk mengatasi masalah ini sebelum masalah kinerja mulai terjadi, Anda harus terlebih dahulu mengkonfirmasi bahwa degradasi termal memang sumber masalahnya. Mintalah laboratorium untuk memberikan kurva FTIR, dan alih-alih melihat daerah bilangan gelombang di mana tingkat oksidasi diukur, carilah puncak di daerah nitrasi. Jika demikian, degradasi termal akan dibuktikan.

Selain itu, Anda harus melakukan analisis akar penyebab untuk menyelidiki sumber panas dalam sistem dan menentukan apakah itu cacat desain sistem atau ada solusi yang dapat dirancang untuk menghilangkan sumber panas ini. Jika masalahnya adalah udara yang masuk, ada teknologi yang tersedia untuk menghilangkan gelembung dari oli industri hidrolik untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga : Varian dari Oli Industri pada Hidrolik

Akhirnya, jika disimpulkan bahwa degradasi termal adalah hasil dari desain sistem, Anda dapat memanfaatkan teknologi pemisahan untuk menghilangkan produk sampingan degradasi termal dari oli industri, memberikan Band-Aid permanen pada formasi pernis hingga desain ulang sistem dapat dilakukan.