Pentingnya Kick Stater Pada Motor Matic

Mungkin sebagian dari Anda bertanya tanya, kenapa motor saat ini masih menyertakan kick stater pada motor keluaran terbaru. Bukankah penggunaan stater electric lebih mudah dan simpel dibandingkan harus mengeluarkan tenaga lebih untuk menghidupkan mesin motor Anda. Nah, kali ini Kami akan membahas tentang pentingnya kick stater pada motor Anda terutama pada motor matic.

Sekarang ini hampir semua sepeda motor sudah dilengkapi dengan electricstarter, tetapi keberadaan kick stater tetap dipertahankan. Walaupun secara fungsi tetap sama, tetapi penggunaan kick starter mempunyai manfaat yang lebih baik.

Sayangnya, kebanyakan pengguna motor justru terlalu terlena dan menjadi manja tanpa mengingat lagi ada manfaat menggunakan kick starter saat menghidupkan motor terutama di pagi hari. Saat menggunakan kick starter untuk menyalakan mesin, otomatis akan ikut menggerakan beberapa komponen di dalam mesin. Kondisi ini sangat baik bagi motor yang sudah tidak digunakan sejak malam hari.

Adapun beberapa manfaat dari penggunaan kick stater, yaitu :

  • Diantaranya menghemat aki motor
  • Mampu menjaga sirkulasi oli di dalam mesin
  • Menjadi opsi lain di saat aki kehabisan daya

 

Penggunaan kick starter motor dapat sangat bermanfaat bagi motor yang jarang dipakai. Hal ini bisa membuat sirkulasi oli yang sudah lama mengendap di bawah mesin kembali dapat melumasi komponen lain, selain itu juga tentunya juga mengirit penggunaan listrik pada motor.

Pada umumnya orang malas menggunakan kick starter karena alasan harus distandar dua terlebih dahulu, dan merasa membuat ribet. Padahal hal ini cukup baik dilakukan minimal seminggu sekali, apalagi motor Anda jarang dipakai. Jangan sampai suatu waktu stater electric Anda tidak bisa digunakan, saat Anda akan menggunakan kick stater tapi justru tidak bisa karena keras.

Kick starter yang sudah mulai berkarat akan sangat susah untuk di gunakan, hal ini terjadi karena kick starter jarang di gunakan dan tidak pernah di lumasi dengan oli. Akibatnya Per stopper pemegang penghubung gir salah dan gir primer mulai berkarat.

Itulah pentingnya menggunakan kick stater motor matic Anda. Jangan sampai sudah terjadi kerusakan pada motor Anda, Anda baru mulai membiasakan hal sederhana ini pada motor kesayangan Anda. Jadi jangan malas lagi untuk menggunakan kick stater pada motor Anda yah.



WordPress Video Lightbox Plugin