Cari Kami

Mudik menggunakan sepeda motor, bolehkah ?

Tinggal menghitung hari, lebaran 2018 akan segera hadir di depan pandangan. Menjelang lebaran inilah, sudah dipastikan persiapan kegiatan mudik berlangsung. Mudik berarti siap melakukan perjalanan jauh. Maka dari itu, mode transportasi sangat berperan penting dalam hal ini. Dengan pemilihan transportasi yang tepat tentu semakin membuat mudik kita lebih menyenangkan. Ada yang memanfaatkan transportasi umum seperti bus, kereta api, kapal laut atau pun pesawat terbang. Namun tak sedikit pula yang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi ketika sedang mudik dengan alasan lebih efisien dan menyenangkan.

Saat ini, tren yang sedang disenangi adalah mudik menggunakan kendaraan sepeda motor. Berbagai alasan dilontarkan kenapa mereka menggunakan sepeda motor. Mulai dari segi biaya yang lebih murah sampai kepuasan personal ketika mudik menggunakan sepeda motor dikatakan lebih menyenangkan dibanding kendaraan lain. Tentunya tren ini mengundang tanya seperti Seberapa aman kah mudik dengan sepeda motor itu? Apakah prosedur mudik menggunakan kendaraan ini diizinkan ataukah justru dilarang?

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat) Pudji Hartanto mengatakan tidak bisa melarang pemudik menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung, tetapi hanya bisa mengimbau mentaati peraturan. Beliau mengatakan jika dalam undang-undang tidak ada peraturan yang melarang menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh.

Meski tidak dilarang, pemerintah menyarankan agar pengguna sepeda motor memanfaatkan angkutan motor gratis yang disediakan oleh pemerintah dengan berbagai mode transportasi masal lain seperti keret aapi, kapal laut dan bus.

Pengemudi sepeda motor harus tetap mematuhi aturan yang berlaku saat berkendara, karena meski tidak dilarang undang-undang pihak berwajib akan menindak tegas pelanggaran seperti maksimal penumpang hanya dua orang, menggunakan atribut keselamatan sesuai standar, motor tidak dimodifikasi dan tidak membawa barang berlebihan.

Selain itu ada baiknya pengemudi menyiapkan segalanya dengan baik, mulai dari kondisi fisik yang prima hingga kendaraan yang layak jalan. Usahakan untuk berhenti di tempat peristirahatan atau posko – posko yang disediakan, jangan memaksakan diri bila Anda sudah merasa lelah atau mengantuk.

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang prima. Sebaiknya cek kendaraan ke bengkel langganan Anda sehingga perjalanan Anda tidak terganggu karena keluhan dari kendaraan yang bermasalah. Kendaraan yang bermasalah juga dapat membahayakan diri Anda, karena banyak kecelakaan yang terjadi akibat kondisi kendaraan yang tidak prima.



WordPress Video Lightbox Plugin