Cari Kami

Mendeteksi Kerusakan pada Kopling Mobil Anda

Anda memiliki mobil namun kurang memahami tentang mesin mobil ? Jangan khawatir, pada dasarnya Anda bisa kok mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mobil. Misalnya Mendeteksi Kerusakan pada Kopling Mobil Anda. Kopling mobil juga memiliki tanda-tanda kerusakan, pentingnya Anda mengenali kerusakan kopling yaitu untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Jika Anda telah mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada mobil, tentunya kita lebih mudah untuk mengantisipasinya. Misalnya kopling mobil mengindikasikan selip maka Anda sebaiknya menghindari jalan yang menanjak. Jika kopling mengindikasikan habis maka Anda dapat mengantisipasinya dengan cara segera melakukan penggantian kampas kopling atau menghindari perjalanan jauh.

Berikut ini gejala kerusakan pada kopling mobil :

1. BUNYI SAAT GIGI TRANSMISI DIPINDAHKAN
Jika menemukan bunyi seperti ini, umumnya masalah terjadi pada pelat kopling aus, atau pelat yang tidak kembali sempurna, Gigi transmisi akan sulit dipindah, kalaupun bisa maka akan muncul suara kasar dari mobil Anda. Jika merasakan atau menemukan gejala seperti itu, sebaiknya segera periksakan kendaraan Anda ke bengkel.

2. GETARAN KASAR
Ini terjadi saat komponen kopling tidak berhubungan secara halus, dan mobil seolah bergetar. Penyebabnya bisa dari plat kopling, flywheel yang tidak rata.

3. SLIP KOPLING
Kondisi ini terjadi karena terjadi keausan pada permukaan pelat kopling. Selain itu bisa juga karena terkena gemuk atau minyak, sehingga koefisien gesek plat menurun. Kondisi ini memungkinkan kopling tidak sempurna memindahkan tenaga dari mesin. Jika ini tejadi membuat mobil tidak bisa melaju dengan cepat dan akan menyebabkan boros bahan bakar.

4. KAMPAS KOPLING HABIS
Kampas koping habis tandanya hampir sama dengan kopling slip yaitu akselerasi yang kurang dan kendaraan yang tidak kuat ditanjakan. Akan tetapi ada tanda tanda lain yang mengindikasikan bahwa kopling mobil Anda memerlukan penggantian diantaranya seperti pedal kopling terasa tinggi, pedal kopling terasa berat, dan mesin mobil tidak mati ketika kopling dilepas secara tiba tiba.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda deteksi untuk mengetahui apakah kopling mobil Anda bermasalah atau tidak, jangan menyepelekan hal – hal kecil yang terjadi pada mobil Anda. Ketahui sejak dini kondisinya, agar kenyamanan dan keamanan dalam berkendara tetap terjaga. Bila Anda merasa kurang yakin, segeralah cek mobil Anda ke bengkel terdekat. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda lebih bisa memahami kondisi mobil Anda ya.



WordPress Video Lightbox Plugin