Cari Kami

Manfaat Ngebut untuk Mesin Mobil Anda

Kendaraan Anda terasa berat dan mesin mobil Anda mulai menurun performanya, mungkin salah satunya adalah karena penumpukan karbon pada ruang pembakaran, atau biasa dikenal dengan istilah kerak. Cara paling mudah untuk membersihkan kerak tersebut adalah dengan membawanya ke bengkel untuk dibersihkan. Selain dibersihkan dengan cara dibongkar mesinnya, pemilik bisa juga memilih jasa carbon cleaning, yaitu pembersihan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih ke dalam mesin.

Tapi ada juga cara lain untuk membersihkan kerak pada ruang bakar mobil Anda, yaitu dengan memacu kendaraan  Anda. Untuk memacu mobil, pengemudi harus menemukan jalan kosong dan bebas kendaraan terlebih dahulu. Karena mobil akan dipacu maksimal hingga mendekati batas putaran mesin (red line), dan menahannya selama dua hingga tiga detik.

Hal ini dikenal dengan istilah Italian Tune Up , Italian Tune Up ini dilakukan ketika mesin mobil telah diservis dan ganti oli, agar sisa-sisa yang sudah dibersihkan oleh carbon cleaner dapat keluar melalui knalpot mobil.Namun, untuk melakukan Italian Tune Up tidak harus ketika mobil selesai di servis. Untuk menjaga kebersihan ruang bakar, cukup seminggu sekali mengajak mobil Anda mengebut. Setelah Anda menemukan jalanan yang kosong dan lurus, agar mudah untuk memacu mobil salah satu yang bisa Anda coba adalah di jalan tol.

Setelah Anda mulai memacu kendaraan pada gigi dua hingga mendekati red line. Lakukanlah selama sekitar dua sampai tiga detik, pindahkan ke gigi selanjutnya dan lakukan hal yang sama tahapan yang sama sampai pada satu gigi di bawah gigi maksimal. Untuk mobil dengan empat percepatan, cukup dilakukan hingga gigi tiga. Begitu juga dengan mobil dengan enam percepatan, mobil cukup dipacu hanya sampai pada gigi dua saja.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah mengulangi pola tersebut hingga dua hingga tiga kali. Dengan malakukan Italian Tune Up, diharapkan kerak atau karbon yang mengendap pada ruang bakar mesin dapat terbakar pada suhu yang tinggi dan ikut terbuang melalui knalpot.

Itulah salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa menjaga performa mesin mobil Anda agar tetap nyaman digunakan. Namun jangan terlalu sering mengebut juga di jalan, karena bisa membahayakan keselamatan Anda. Tetap perhatikan keamanan dan keselamatan berlalu lintas ya.



WordPress Video Lightbox Plugin