Kontroversi Lampu HID

Apakah Anda pengguna lampu kendaraan berjenis HID atau Anda berniat mengganti lampu kendaraan Anda dengan jenis HID ? Sebaiknya Anda membaca dulu artikel ini, jangan sampai karena kurang informasi Anda menjadi dapat masalah.

Lampu HID ? Yah, lampu kendaraaan yang satu ini sedang menjadi sorotan masyarakat. Bukan karena keunikannya tapi justru kontroversi antara satu dengan yang lainnya. Loh kenapa bisa? Pihak kepolisian menganggap HID menyilaukan pengguna jalan lain, pada­hal banyak produsen mobil yang kini justru menyematkan lampu HID. Kenyataan bahwa kondisi jalan yang kurang baik dan penerangan  jalan yang minim bisa menimbulkan bencana, terutama saat berkendara di malam hari, menjadi dalih kuat pengguna lampu HID.

Namun di sisi lain penggunaan lampu ini justru bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Memang pada beberapa kasus, ada kendaraan yang arah sorotan lampu utamanya terlalu tinggi. Sehingga menyilaukan mata pengendara dari arah sebaliknya.

Menanggapi hal ini, AKBP Budiyanto, Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Polda Metro Jaya menyebutkan, komponen yang digunakan di kendaraan harus sesuai dengan spesifikasi teknis. Segala bentuk ubahan, apalagi yang berkaitan langsung dengan keselamatan, tidak dibenarkan. “Termasuk untuk lampu penerangan,” katanya.

Dalam Undang Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, pasal 48 ayat 1, dijelaskan bahwa setiap ranmor (kendaraan bermotor) yang dioperasikan di jalan, harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Lantas pada pasal 58 disebutkan, setiap ranmor yang dioperasikan di jalan, dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.

Kontroversi tersebut sebetulnya tidak perlu terjadi asalkan keinginan berkendara dengan lampu yang terang juga dibarengi ilmu pengetahuan yang cukup. Lampu HID memang lebih terang tiga kali lipat dibandingkan lampu halogen. Jadi kalau HID tidak fokus, otomatis dapat mengganggu pengendara lain, seperti yang disebutkan pihak kepolisian. Solusinya, gunakan HID yang fokus agar tidak menyilaukan, atau memasang projektor, seperti layaknya lampu bawaan pabrik.

Jadi sebenarnya penggunaan lampu HID ini lebih bijak Anda gunakan sesuai kebutuhan dan berdasarkan standar pabrikan yang suda teruji. Sehingga ketika Kita berkendara tidak membuat oranglain merasa dirugikan. Semoga pembahasan ini menambah pengetahuan Kita dalam berkendara aman dan tertib.



WordPress Video Lightbox Plugin