Cari Kami

Kapan Sebaiknya Mengganti Oli Transmisi Motor Matic?

Anda harus mengetahui bahwa oli yang digunakan pada motor matic ada dua jenis yaitu oli mesin dan oli gardan atau transmisi. Namun meski sudah banyak yang mengetahui kedua jenis oli tersebut, tidak sedikit yang tak memperhatikan pentingnya juga mengganti oli transmisi motornya. Mungkin karena tidak tahuan pentingnya pula kehadiran dari oli transmisi bagi motor matic. Kapan sebaiknya mengganti oli transmisi motor matic Anda? Pada kesempatan ini akan dibahas waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi motor matic.

Oli transmisi atau yang biasa disebut oli gardan ini berfungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis. Banyak sekali komponen yang saling bergesekan di dalam transmisi otomatis motor matic yang apabila tidak dilumasi dengan oli gardan akan terdengar suara berisik pada bagian box CVT bagian belakang.

Terkadang ada saja pemilik motor matic yang meremehkan oli gardan, dengan cara jarang menggantinya. Padahal fungsinya sangat penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Lalu apa efeknya bila oli gardan pada motor matic jarang diganti ?

Efeknya sudah pasti akan merusak gear ratio. Kerusakan komponen tersebut ditandai munculnya suara bising dari dalam box CVT. Saat komponen gir transmisi rusak, akan menimbulkan suara kasar. Suara itu terjadi karena kekentalan oli berkurang dan gesekan akan terjadi antar komponen.

Untuk mencegah kerusakan itu semua, ada baiknya oli transmisi dilakukan penggantian secara rutin. Pada saat jarak tempuh sudah mencapai 8000 km atau saat pemakaian motor sudah mencapai umur 8 bulan dan kelipatannya. Tujuan penggantian adalah agar perpindahan gigi otomatis  dapat tetap lembut dan dan lancar serta umur pakai unit CVT menjadi jauh lebih lama pastikan oli transmisi motor matic anda selalu diperhatikan.

Pergunakan oli transmisi formulasi khusus yang memiliki keunggulan tingkat gesek rendah, mampu melumasi celah tersempit pada Gear CVT serta mampu menahan tekanan kerja dan temperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan.

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa peran oli transmisi pada motor matic juga harus diperhatikan. Jangan sampai ketidakpedulian Anda menjadikan motor matic Anda menjadi rusak dan tidak nyaman digunakan. Gunakan selalu oli transmisi yang sesuai dengan motor matic Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin