Apa Itu Fuel Dilution? Dan Apa Hubungan Dengan Oli ?

Apakah Anda pernah mendengar istilah fuel dilution? Lalu apa penyebab dan efeknya terhadap motor Anda? Bila belum memahami apa itu fuel dilution, kali ini Kami akan membahas mengenai hal tersebut. Fuel Dilution adalah peristiwa dimana bahan bakar yang masuk kedalam crackcase dan bercampur dengan oli mesin motor Anda. Fuel Dilution sering terjadi di motor yang pemiliknya tidak mengetahui cara merawatnya dengan benar. Fuel Dilution sebenarnya adalah kejadian yang sangat umum terjadi pada kendaraan baik itu motor maupun mobil. Meskipun umum terjadi banyak orang yang masih menyepelekan hal ini.

Cara untuk mengetahui apakah sepeda motor Anda mengalami fuel dilution sangat mudah. Anda hanya perlu membuka dipstick atau penutup oli mesin, teteskan pada kertas tisu. Perhatikan warna dan cium baunya. Jika berwarna kehijauan (sesuai bahan bakar yang digunakan) dan berbau bensin, maka sepeda motor Anda positif mengalami fuel dilution. Meskipun umum terjadi, Anda tidak boleh menyepelekan masalah ini.

Dari berbagai bahasan yang ada, banyak yang bisa menyebabkan fuel dilution, tapi tidak ada yang menyebut oli mesin sebagai penyebabnya. Oli mesin  justru korban fuel dilution sehingga menyebabkan masalah. Namun sebenarnya bila dipikir kembali, fuel dilution itu adalah sesuatu yang wajar. Ini karena hasil pembakaran selalu ada saja yang bocor ke ruang oli mesin. Katup PCV itu disediakan untuk bisa melepaskan tekanan yang terjadi akibat ledakan pembakaran yang bocor ke mesin. Karena pembakaran tidak selalu terjadi sempurna, maka bensin yang tidak terbakar jadi mengotori oli mesin.

Mesin motor yang tidak bermasalah pun dapat menghasilkan fuel dilution yang berlebihan ketika dibiarkan idle secara berkepanjangan. Pada situasi beban berat, tingginya temperatur pada crankcase menyebabkan sebagian bahan bakar akan hilang dari oli mesin karena proses penguapan. Fuel dilution justru terjadi lebih sedikit pada saat mesin bekerja dengan beban berat. Fuel dilution terjadi lebih parah pada saat mesin motor bekerja dengan beban ringan. Fuel dilution juga meningkat pada cuaca dingin. Mesin motor yang jalan dingin karena thermostat bocor juga menunjukkan peningkatan fuel dilution. Jadi fuel dilution itu sesuatu yang biasa. Kondisi macet, jalan santai tidak masalah, memanaskan sepeda motor lama-lama justru jadi penyebab meningkatnya fuel dilution. Begitu juga mengendarai saat hujan ataupun kebiasaan memanaskan mesin motor terlalu lama.

Bercampurnya oli dengan bensin akan mengakibatkan banyak hal antara lain :

  1. Oli menjadi cepat encer (viskositas turun).
  2. Pelumasan yang kurang maksimal.
  3. Gesekan antar komponen meningkat terutama di bagian liner dan piston.
  4. Pelumas tidak mampu membersihkan mesin dengan baik.
  5. Dapat menimbulkan kerak atau lapisan kuning di permukaan logam.
  6. Berkurangnya tekanan oli.
  7. Dapat menimbulkan asam dan korosi.
  8. Interval pergantian oli jadi lebih cepat.

 

Akibat dari fuel dilution sangat mengerikan. Oleh karena itu, kenali dengan baik penyebab bercampurnya bensin dengan oli karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut penyebab terjadinya fuel dilution.

1. Injektor Bocor
Injektor yang bocor akan mengakibatkan semburan bahan bakar selalu terjadi bahkan disaat mesin dalam kondisi hisap. Injektor bocor merupakan faktor umum mengapa bensin bisa turun menuju crankcase.

2. Ring Piston Lemah
Ring piston atau dinding silinder yang baret akan menjadi celah bagi bahan bakar untuk menuju crankcase dan bercampur dengan oli. Valve atau klep yang sudah melebar alias tidak rapat lagi akan menghasilkan celah sehingga bahan bakar bisa turun ke bawah mesin.

3. Terlalu Lama Memanaskan Motor
Terlalu lama memanaskan motor sama seperti dengan menggunakan motor saat bermacet-macetan. Komponen mesin yang bergerak ribuan kali permenit tanpa hembusan angin dari depan akan menghasilkan panas berlebih. Idle terlalu lama ternyata tidak baik untuk mesin karena bisa mengakibatkan tercampurnya bensin dengan oli.

4. Modifikasi Komponen Vital Yang Tidak Sesuai Karakter Mesin
Yang saya maksud modifikasi komponen vital disini adalah modifikasi Electronic Control Unit (ECU), CDI, spark plug atau busi. Penggunaan piggyback yang tidak benar juga bisa mengakibatkan fuel dilution. Hal itu terjadi karena mesin dipaksa bekerja dengan karakter yang tidak sesuai.

5. Kelebihan Oktan Atau Kekurangan Oktan
Ternyata oktan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah ternyata bisa mengakibatkan masalah serius. Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan kompresi mesin akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna dan sisa-sisa pembakaran akan masuk ke dalam crankcase dan bercampur dengan pelumas. Oleh karena itu, gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesin.

Setelah mengetahui penjelasan apa itu fuel dilution serta sebab dan akibat yang terjadi dari hal tersebut, Anda lebih paham bahwa hubungannya dengan oli sangat penting. Oli yang telah bercampur dengan bahan bakar akan memberikan banyak efek negatif pada sepeda motor Anda. Secara otomatis hal tersebut akan mempengaruhi biaya perawatan kendaraan Anda. Jadi jangan meremehkan efek dari fuel dilution yah, supaya sepeda motor kesayangan Anda lebih terawat dan memiliki kenyamanan maksimal saat digunakan.



WordPress Video Lightbox Plugin