overhaul mesin

Ini Indikator Mesin Mobil Perlu Overhaul

Ketahui Petunjuk Mesin Mobil Perlu Overhaul

Setelah pemakaian beberapa tahun, wajar jika performa mesin mobil mengalami penurun. Hal itu terjadi sejalan dengan meningkatnya keausan komponen internal mesin. Ketika sampai di satu titik, mesin pun membutuhkan overhaul atau istilah bengkelnya turun mesin. Overhaul mesin ini dilakukan agar mesin dapat terus digunakan hingga beberapa waktu ke depan.

Ada banyak alasan mesin perlu overhaul. Tapi setidaknya ada 5 petunjuk yang bisa digunakan sebagai penanda mesin perlu overhaul.  Seperti volume oli mesin berkurang drastis, konsumsi bahan bakar meningkat, mesin mengeluarkan suara tak lazim, mesin overheat dan muncul kepulan asap putih dari knalpot.

Sebelum lebih lanjut, pemilik mobil perlu mengetahui apa itu overhaul. Sederhananya, overhaul memberi tambahan masa pakai pada mesin yang sudah aus.  Keausan mesin  kebanyakan disebabkan gesekan, tekanan tinggi dan panas. Mesin bisa mengalami keausan dini akibat penggunaan ekstrem seperti untuk balap. Atau dipengaruhi minimnya oli mesin dan kurangnya perawatan.

Kenapa mesin perlu overhaul? Dengan overhaul, mesin kembali bekerja normal. Setengah bagian bawah mesin dilepas, dibongkar dan dibersihkan agar dapat diperiksa dengan cermat. Tergantung pada kondisi internal mesin, komponen seperti bearing dan ring piston bisa saja diganti. Permukaan silinder juga direkondisi untuk memastikan ring piston dapat menempel dengan tepat ke dinding silinder. Mesin kemudian dirakit kembali dan dipasang ke mobil.

Baca Juga : Kenali Penyebab Mesin Knocking

Ambil contoh bearing. Komponen bergerak di dalam mesin dipasang pada bearing sehingga dapat bergerak bebas dan karena dilumasi oli mesin. Bearing dapat bertahan lebih dari ribuan kilometer, tetapi tetap bisa aus juga. Keausan lebih cepat ketika mesin tidak dirawat dengan baik dan kehabisan oli mesin. Bearing yang aus mulai menghasilkan suara ketukan keras dan pada akhirnya menyebabkan mesin rusak.

Overhaul mesin bukan proses yang mudah. Yang dilakukan adalah dekonstruksi mesin dan mengganti komponen internal yang aus seperti piston, ring piston, bearing, katup dan pegas.  Mulai dari melepas mesin dari sasis, pembongkaran dan pemasangan lagi, umumnya overhaul mesin dilakukan sekitar satu minggu.

Tapi manfaat overhaul mesin cukup jelas. Performa mesin terasa seperti baru. Baik akselerasi maupun konsumsi bahan bakar. Tak ada lagi suara aneh dan emisi gas buang lebih bersih. Dengan perawatan rutin, kondisi itu bisa bertahan 5-10 tahun ke depan.



WordPress Video Lightbox Plugin