Apakah Oli Transmisi Manual Bisa Saling Tukar Pakai dengan Oli Transmisi Matic

Bolehkah Mengisi Oli Transmisi Manual Ke Mobil Transmisi Matic? Dan Sebaliknya, Apakah Boleh?

Apakah Oli Transmisi Manual Bisa Saling Tukar Pakai dengan Oli Transmisi Matic?

Selain berfungsi untuk mencegah gesekan pada komponen mesin, oli juga punya fungsi penting pada transmisi mobil. Jadi, oli sangat dibutuhkan pada transmisi mobil. Seperti kita ketahui, terdapat dua jenis transmisi mobil, manual dan otomatis. Jadi, apakah oli keduanya sama dan bisa saling tukar pakai?

Jawabannya tidak Bro Deltalube. Pada transmisi manual, oli berfungsi sebagai sistem pelumasan yang memuluskan kerja komponen transmisinya saja. Sedangkan pada transmisi matic, oli selain bekerja sebagai pelumas juga berfungsi pengatur tekanan fluida dalam mekanisme perpindahan gigi transmisi.

Efek salah pakai oli transmisi

Jika mobil matic diisi oli transmisi manual, efeknya adalah perpindahan gigi tidak akan terjadi secara mulus. Itu dikarenakan karakteristik kekentalan dan laju alir oli yang berbeda antara oli transmisi manual dan matic. Hal itu berdampak pada tekanan fluida pada torque converter mobil matic yang jadi kacau, jika mobil matic diisi oli transmisi manual. Jika dipaksakan, akan terjadi kerusakan pada area torque converter, bahkan solenoid transmisi matic.

Mobil manual yang diisi oli matic juga tidak bagus. Biasanya transmisi manual membutuhkan oli transmisi yang lebih kental dari oli transmisi matic. Sehingga jika dipaksakan, akan terjadi gesekan berlebih dan keausan prematur pada komponen gigi-gigi transmisinya.

Pilih oli transmisi yang sesuai

Untuk transmisi manual, olinya menggunakan kode API GL yang artinya Gear Lubricant atau oli khusus roda gigi. Umumnya menggunakan GL-4 atau GL-5, sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan ya Bro Deltalube. Sementara oli mobil matic bisa lebih beragam, menyesuaikan standarisasi pabrikan mobil masing-masing. Untuk spesifikasi rekomendasi, wajib mengikuti anjuran pabrikan ya Bro Deltalube.

Untuk kalian pengguna mobil manual, bisa menggunakan oli Deltalube Gear Oil 790 API GL-5.

Tersedia pilihan SAE 90 untuk mobil penumpang, dan SAE 140 untuk kendaraan komersial. Deltalube Gear Oil 790 adalah pelumas roda gigi tertutup yang tahan air dan mampu mengurangi keausan akibat reaksi kimia, maupun gesekan metal. Oli ini mampu memakai bahan dasar istimewa yang memiliki indeks kekentalan alami yang tinggi, daya tahan terhadap temperatur tinggi, daya tahan istimewa terhadap beban berat, daya lumas yang sempurna dan kadar asam rendah. Sementara kalian pengguna mobil matic tipe konvensional torque converter, tersedia pilihan oli Deltalube 799 Automatic Transmission Fluid dengan spesifikasi Dexron-III.