rotasi ban mobil

Ban Mobil Susah Dilepas

Gunakan Cara Ini Jika Roda Mobil Susah Dilepas

Ada kalanya, pengguna mobil harus mengganti sendiri ban mobilnya. Terutama saat salah satu ban kempis akibat ada kebocoran saat mobil diparkir di rumah. Hal itu perlu dilakukan agar mobil bisa digunakan meski sedikit repot. Tapi ada kendala yang bisa ditemui saat mengganti ban yakni roda susah dilepas atau masih terus menempel di tempatnya walau seluruh mur roda sudah dilepaskan.

Biasanya hal itu terjadi karena mobil kehujanan atau setelah dicuci. Air dapat menyelinap ke celah hub roda dan menyebabkan korosi. Korosi ini dapat membuat pelek menempel erat pada hub roda sehingga sulit untuk melepas roda. Hal ini bisa terjadi pada pelek baja maupun aluminium alloy. Selain karat, kotoran yang terbawa air juga dapat membuat pelek menempel pada hub.

Lalu bagaimana cara melepaskan roda dari posisinya? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Setelah dongkrak terpasang dan dinaikkan hingga roda terangkat penuh serta seluruh mur roda dilepaskan, langkah yang dilakukan adalah dengan memukul atau menendang area dinding ban di empat titik berseberangan. Lakukan cara ini 3-4 kali untuk memaksa roda terlepas.

Cara ini dapat memberi dorongan pada roda. Tapi yang perlu diwaspadai adalah pukulan itu juga dapat memberi dorongan atau gaya ke samping yang membuat mobil goyang. Artinya posisi dongkrak harus di area yang tepat sehingga tetap aman. Biasanya posisi area dongkrak yang paling aman ada di area di bawah pintu.

Baca Juga : Mengenal Kode Ban Mobil

Untuk roda yang menempel kuat, bisa dibantu dengan cairan penetran. Cairan ini dapat menyelinap ke celah antara pelek dan hub roda. Selain melumasi, cairan ini juga dapat membuat karat yang ada menjadi lebih lunak. Roda pun jadi lebih mudah dilepas. Penyemprotan cairan penetran ini bisa dilakukan melalui lubang mur roda. Tunggu beberapa saat hingga cairan menyebar sebelum melepas roda dengan cara dipukul atau ditendang.

Ketika roda berhasil dilepaskan, pastikan untuk membersihkan karat atau kotoran yang mengeras. Gunakan ampelas untuk menghilangkan karat pada kedua permukaan baik permukaan pelek dan hub roda.



WordPress Video Lightbox Plugin